Masakan Tumis Jamur Tiram Khas Keluarga Ibu Sunarti




Assalamualaikum wr.wb pada blog kali ini saya akan berbagi cerita tentang menu masakan keluargaku 


#Sejarah masakan

Tumis jamur tiram / oseng oseng jamur merupakan makanan khas yang cukup terkenal di masyarakat Indonesia.Tumis jamur ini sudah ada sejak nenek moyang kita yang diwariskan turun temurun. Tumis jamur juga memiliki kandungan zat dan kaya manfaat yang banyak bagi tubuh kita.Tumis jamur hanya memerlukan waktu singkat untuk membuatnya. Karena tumis jamur mudah di buat saya belajar memasak menumis jamur dari ibu saya yang akan Membuat cita rasa yang khas tersendiri dari tumis jamur itu. Resep yang diberikan ibu saya sudah saya pelajari saat masih SD hingga sekarang.

 


#Cerita dibalik masakan 

Tumis jamur tiram atau oseng-oseng jamur merupakan makanan yang cukup disukai keluargaku,jamur juga bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh.Jamur Tiram sangat mudah ditemukan di pasar dan tukang sayur dengan harga terjangkau.Tumis jamur hanya memerlukan sedikit bumbu untuk menumisnya yang akan membuat masakan ini memiliki rasa yang khas tersendiri.Apalagi tumis jamur yang cocok di buat lauk makan dengan nasi untuk menu makanan sehari hari yang cukup praktis dan tidak memakan waktu yang lama. 


#Jenis masakan 

Jenis masakan yang saya masak adalah tumis jamur tiram atau oseng oseng jamur yang sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat indonesia.Tumis Jamur kali ini juga menjadi menu dan masakan yang cukup favorit di keluarga saya. 


=> Bahan-bahan masakan:

• 2 bungkus jamur tiram

• 1 buah tomat

• 6 cabai rawit

• 3 siung bawang merah

• 1 siung bawang putih

• 2 cabai merah 

• Garam secukupnya

• Penyedap rasa

• Minyak goreng

• Air

=>Alat-alat:

• Spatula

• Wajan

• Baskom

• Talenan

• Pisau

• Piring


#Cara meracik/membuat tumis jamur

Resep racikan tumis jamur ini saya belajar dari ibu saya,dan saya di berikan arahan cara memasak tumis jamur ini, karena bahan nya yang mudah di dapat dan tidak memerlukan waktu lama untuk membuatnya sehingga Masakan ini cukup diminati keluarga saya.Tumis jamur ini memerlukan sedikit bumbu seperti bawang merah,bawang putih cabai,tomat,garam,dan penyedap rasa secukupnya,takaran dan bumbu yang pas akan menambah masakan tumis jamur ini menjadi nikmat dan lezat .


=>Langkah-langkah:


>> Siapkan bumbu, bahan dan alat

Kumpulkan semua bahan dan bumbu seperti: 2 bungkus jamur tiram, minyak goreng, 3 siung bawang merah, 1 siung bawang putih, 6 cabai rawit, 2 cabai merah, 1 buah tomat, garam,penyedap rasa. 


>> Sobek jamur menjadi kecil kecil

Sobek jamur menjadi bagian kecil kecil lalu letakkan pada baskom.


>> Setelah itu cuci hingga bersih

   Cuci jamur yang sudah di sobek hingga          bersih dengan air mengalir. 


>> Panaskan minyak goreng lalu tumis irisan bawang, cabai dan tomat

Nyalakan kompor lalu panaskan minyak pada wajan yang sudah di siapkan. 


Tumis semua bumbu sampai aromanya keluar


>> Tambahkan sedikit garam dan penyedap rasa secukupnya
 
Tambahkan sedikit garam sesuai selara, saya hanya memerlukan 1 sdt garam untuk tumis jamur.


Tambahkan penyedap rasa secukupnya agar rasa bertambah sedap dan menggugah selera. 

>> Masukkan jamur yang telah bersih ke dalam minyak yang panas tunggu hingga sedikit layu.

Setelah itu masukkan jamur yang sudah dicuci kedalam wajan yang sudah berisi tumisan bumbu.


Setelah itu biarkan jamur matang/layu sambil di oseng oseng hingga matang. 

>> Angkat lalu tumis jamur siap disajikan

Setelah itu hidangkan di atas piring yang sudah disiapkan dan tumis jamur siap disantap. 



#Teknik memasak 

Tumis jamur dimasak dengan teknik menumis dengan sedikit minyak dan sedikit irisan bumbu dan diberi sedikit air. Tumis Jamur tidak memerlukan waktu lama untuk memasaknya,cukup masak tumis jamur sampai jamur layu dan cukup matang untuk disantap dan icip rasa agar menjadikan rasa yang pas dan nikmat. 


# Cara menghidangkan 

 Tumis jamur tiram biasanya di hidangkan untuk lauk makan bersama nasi apalagi dalam keadaan hangat yang akan menambah citarasa yang menggugah selera dan disantap bersama keluarga yang akan menambah hidangan tumis jamur berkesan.


# Kapan dan bersama siapa dinikmati

 Tumis jamur tiram biasanya dapat dinikmati kapan saja bersama keluarga untuk lauk dan makanan sehari hari yang cukup mudah di buat.Tumis Jamur Tiram biasanya dinikmati keluarga saya saat waktu sarapan apalagi dengan nasi hangat ayah saya sangat suka dengan tumis jamur tiram ini saya dan ibu saya juga suka,karena rasanya yang enak dan lezat membuat keluarga saya selalu menjadikan tumis jamur ini makanan favorit Semua keluarga saya.Tumis Jamur juga menjadi menu andalan ibu saya saat sarapan pagi.Apalagi Tumis jamur tiram ini di santap bersama keluarga ,yang akan menambah suasana kenyamanan dan situasi yang harmonis bersama keluarga. 


#Kekhasan cita rasa 

Tumis jamur memiliki cita rasa yang khas karena rasa nya yang cukup lezat dan aroma yang memancing selera makan kita.Apalagi tumis jamur di nikmati saat makan bersama keluarga pasti cita rasa yang khas dan nikmat membawa tumis jamur tiram ini menjadi sangat spesial. 


#Hal menarik dari masakan 

Hal yang menarik dari tumis jamur adalah rasa dan bahan masakan yang mudah didapat dan teknik memasaknya tidak memerlukan waktu yang lama.Apalagi saya memasak dengan ibu Saya yang akan memberikan kesan yang menarik dari masakan tumis jamur tiram ini. 


# Peluang menjadi kuliner andalan/ kuliner warung/ warung online

Sekarang sudah banyak warung makan modern yang cukup banyak dikalangan masyarakat apalagi sekarang banyak menggunakan masakan yang mudah di buat dengan cara instan.Maka untuk peluang bisnis Tumis jamur bisa dijadikan menu pilihan warung untuk membuat Tumis jamur tiram . Karena  mudah sekali untuk membuatnya dengan bahan dan bumbu yang mudah didapat apalagi harganya juga terjangkau ,maka keuntungan penjual juga bisa didapatkan dengan bahan bahan baku yang cukup murah atau terjangkau. 

 

# Kendala stok bahan masakan 

Tidak ada kendala saat memasak tumis jamur ini karena semua bahan mudah ditemukan.Jamur mudah di temukan di tukang sayur atau pasar terdekat.Stok bumbu juga sudah siap tersedia semua dirumah. 


Demikian blog kali ini yang dapat saya ceritakan sampai jumpa pada blog selanjutnya. Sampai Jumpa... 

Wassalamualaikum wr.wb

Penulis : Siti Alfiah ,Tinggal di Desa Sumberagung ,kecamatan:Pancur,Kabupaten:Rembang 59262 dengan alamat surel alfiahs826@gmail.com



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Silsilah Keluargaku

Pengalaman Bermakna Membuat Jamu Beras Kencur

Tempat Wisata Unik Dan Menarik di Indonesia